Cara Mudah Mengendarai Motor Kopling Manual

Tips dan Cara Mudah Mengendarai Motor Kopling Manual – Belajar mengendarai sepeda motor menggunakan kopling manual bagi pemula bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Hanya saja anda dituntut untuk lebih berani mencoba. Nah, bagi anda yang memang belum pernah mengendarai sepeda motor yang menggunakan kopling manual tetapi anda ingin belajar.
Tips dan Cara Mudah Mengendarai Motor Kopling Manual Bagi Pemula Agar Cepat Mahir
Disini admin modifcorp berbagi tips dan cara mudah mengendarai sepeda motor menggunakan kopling manual bagi pemula. Sebelum kita ke tips cara mengendarai motor menggunakan kopling manual sebaiknya kita terlebih dulu mengenal apa itu kopling otomatis atau kopling manual pada sepeda motor. Pada dasarnya kopling manual dan otomatis fungsinya sama yaitu memutuskan sambungan putaran dari mesin ke roda.

Kalau kopling otomatis seperti di motor-motor bebek hampir semua orang lebih mudah mengoperasikannya karena tidak perlu menekan tuas kopling tinggal di pengaturan gas aja. Nah, Untuk motor yang menggunakan kopling manual ini beda cara mengendarai nya. Anda harus lebih pas dalam melakukan penekanan tuas kopling ketika mau menekan handel gigi lalu menjalankannya.

Tips Untuk Mengendarai Motor Kopling Manual Bagi Pemula

Perlu anda perhatikan pada sistem transmisi di motor menggunakan kopling manual bawaan pabrik disini beda cara menekan handel giginya. Kalau motor bebek biasa untuk memasukkan gigi kita hanya menekan kedepan kira-kira begini susunannya N-1-2-3-4. Nah, kalau sistem transmisi di motor menggunakan kopling manual kita hanya menekan sekali ke depan lalu ke belakang seterusnya kira-kira begini susunannya 1-N-2-3-4-5.

Nah. Sekarang pertanyaannya, Kira-kira apakah anda sudah siap untuk mengendarai sepeda motor yang menggunakan kopling manual? Jika anda merasa sudah siap disini admin modifcorp akan memberikan tips sederhana untuk mengendarai sepeda motor yang menggunakan kopling manual.

Cara Mudah Mengendarai Motor Kopling Manual

Langkah pertama adalah persiapan mental anda, jika mental anda berani silahkan untuk mencoba belajar mengendarai sepeda motor kopling manual.

Kalau mental anda sudah siap silahkan pahami proses penekanan tuas kopling dan penekanan handel gigi pada motor. Kalau anda sudah paham proses dan waktu penekanan tuas kopling dan handel kopling silahkan lanjutkan ke langkah berikutnya

Silahkan anda naik diatas motor dengan posisi badan dan tangan harus lebih tenang serta konsentrasi penuh. Kemudian silahkan putar kunci kontak dari “off” ke posisi “ON”. Dan pastikan posisi transmisi dalam keadaan “Netral” ini biasanya ditandai dengan ampu indikator berwana hijau.

Kemudian tekan tombol starter sampai mesin motor menyala, Dilangkah ini anda harus tetap tenang dan konsentrasi penuh. Kemudian mulailah untuk menekan tuas kopling yang berada di sebelah tangan kiri anda. Dengan tuas kopling dalam keadaan anda tekan silahkan tekan handel transmisi ke arah depan untuk masuk ke gigi 1 menggunakan kaki kiri anda. Pada posisi ini anda harus tetap tenang dan konsentrasi penuh.

Silahkan mulai melepas tuas kopling secara pelan di barengi dengan menarik handel gas secara perlahan dan motor anda mulai berjalan secara perlahan. Catatan : pada posisi ini anda jangan pernah melepas tuas kopling secara spontan, hal ini akan memicu motor anda melompat atau mesinnya mati. Jika motor anda sudah berjalan silahkan lepaskan tuas kopling anda secara penuh dan anda harus tetap siaga dengan keadaan di depan serta tangan kanan dan kaki kanan anda juga siap pada handel rem.

Pergantian Transmisi Saat Anda Mengendarai Motor Kopling Manual

Nah langkah selanjutnya melakukan pergantian transmisi dari 1 ke 2 ini dilakukan kira-kira perjalanan motor anda sudah agak tenang. Silahkan tekan tuas kopling motor menggunakan tangan kiri anda lalu tekan handel gigi ke arah belakang menggunakan kaki kiri anda. Nah untuk perpindahan transmisi selanjutnya sama dengan masukkan gigi 2, Jika anda berhasil masukkan gigi 2 maka besar kemungkinan perpindahan gigi selanjutnya lebih ringan.

Sekarang proses pemberhentian motor. Agar anda bisa berhenti lebih sempurna, Langkah pertama adalah melakukan mengurangi gigi. Kalau sekarang posisi gigi 2 silakan over ke 1 dengan cara tekan tuas kopling lalu tekan handel gigi kearah depan hal ini juga dibarengi dengan mengecilkan atau mengulur handel gas.

Kalau posisi transmisi sudah gigi 1 lagi silahkan mulai menekan tuas rem menggunakan tangan kanan dan handel rem menggunakan kaki kiri anda. Pada Posisi ini juga jangan pernah melepas spontan tuas kopling karena transmisi motor anda masih dalam keadaan gigi 1. Tekan terus tuas kopling sebelum sistem transimisi motor anda kembali netral.

Langkah selanjutnya adalah kembalikan transmisi motor ke posisi netral. Dengan tetap menekan tuas kopling silahkan tekan handel gigi hanya dengan setengah tekanan atau injakan. Dan pastikan kalau tansmisi motor anda sudah benar-benar kembali netral ini biasanya ditandai dengan lampu indikator berwarna hijau. Jika sudah netral silahkan matikan kembali kunci kotak anda dari “ON” ke posisi “OFF”. Selamat Mencoba

Tips Mengendarai Motor Kopling Manual

  1. Hindari menurunkan atau menaikan gigi transmisi sebelum menarik tuas kopling.
  2. Hindari menarik handle gas terlalu kencang pada saat motor hendak berjalan.
  3. Jangan pernah melepas pedal kopling secara mendadak.
  4. Perhatikan gigi transmisi selalu 1 atau 2 ketika hendak memulai berjalan.

Sekian dulu ya tips dari modifcorp tentang Cara Mudah Mengendarai Motor Kopling Manual. Semoga tips diatas dapat berguna bagi anda semua.  (modifcorp.com)

Rujukan kata untuk artikel ini : Tips Mengendarai Motor Kopling, Cara Mengendarai Motor Kopling, bagaimana Mengendarai Motor Kopling, Panduan Mengendarai Motor Kopling, Belajar Mengendarai Motor Kopling, Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula, Trick Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *